kartu pra kerja untuk karyawan yang dirumahkan

kartu prakerjakartu prakerja

Kartu Prakerja ialah Kartu yang diciptakan untuk ajang mengikuti program pelatihan dan pembinaan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Kartu itu di promosikan oleh Presiden Jokowi (Joko Widodo) untuk membantu warga Indonesia dalam meningkatkan kemampuannya. Kartu prakerja dapat dimiliki oleh segala rakyat Indonesia berusia 18 tahun keatas atau yang tidak sedang sekolah atau kuliah.

Pemerintah sudah merilis kartu ini bulan April 2020. Perilisan kartu ini dipercepat mengingat adanya kasus dan pengaruh dari pandemi corona COVID-19 yang melumpuhkan banyak aktivitas sosial dan aktivitas ekonomi seperti pekerja harian atau para pelaku usaha mikro/kecil yang paling terdampak atas usahanya.

Program kartu prakerja ini melangkah bersama dengan banyak sektor swasta untuk melayani masyarakat sehingga kartu prakerja ini dapat terealisasikan. Sebagian pelaku swasata yang menolong diantaranya seperti oleh pihak Tokopedia, Skill Academy, OVO, Hactiv8, MauBelajarApa, LinkAja, dan G2 Academy.

Prioritas kartu prakerja ini dialamatkan bagi mereka pencari kerja umur muda yang baru pertama kali terjun ke dunia kerja. Diharapkan mempermudah dalam mendapatkan profesi.

Manfaat Mendaftar Kartu Pra Kerja

Bagi kamu yang berharap menerima manfaat dari kartu PraKerja ini dapat segera mendaftarkan diri untuk menikmati manfaat diantaranya :

  1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan.

Pelatihan ini yaitu sebuah pelatihan online dari berbagai website yang berkarya bersama dengan pemerintah untuk menolong masyarakat dalam meningkatkan kesanggupan atau agar dapat memiliki skill yang membantunya untuk mendapatkan profesi.

  1. Mengurangi tarif untuk mencari berita mengenai pelatihan.

Beberapa web yang menyediakan pelatihan online biasanya tak free. Dengan adanya kartu prakerja kita dapat memanfaatkanya untuk mengurangi tarif pelatihan bahkan dapat gratis 100%.

  1. Mensupport kebekerjaan seseorang melalui pengurangan mismatch.

Kartu prakerja diperuntukkan bagi seseorang agar bisa menerima sebuah profesi dengan skill yang dipelajari melalui pengurangan mismatch (ketidakcocokan)

  1. Menjadi komplementer dari pendidikan formal.

Pelatihan pelatihan ini mungkin atau tidak sama sekali diajarkan di Pengajaran formal sehingga dengan adanya pelatihan online ini bisa membantu sebagai pelengkap pengetahuan dari yang Anda dapatkan sebelumnya di sekolah.

  1. Membantu daya beli masyarakat yang terdampak penghidupannya imbas COVID-19.

Karena adanya kasus corona dan pengontrolan untuk tak keluar rumah, hal ini banyak pekerja harian yang menanggung imbas bagi kehidupannya seperti tak adanya penghasilan. Dan kartu ini bisa membantu meringankan beban mereka.

Persyaratan Mendaftar Kartu Prakerja

Sebagian persyaratan semestinya dipenuhi bagi Anda yang mendaftar dan mendapatkan kartu prakerja.

Dan diantara prasyarat utama adalah :

  • Warga Negara Indonesia (WNI) bisa digambarkan dengan kepemilikian Kartu Tkamu Penduduk (KTP)
  • Berusia minimal 18 Tahun.
  • Tidak menempuh Pendidikan formal.

Sesudah ketiga prasyarat dipenuhi berikutnya kita masuk pelaksanaan registrasi.

Sistem Daftar Kartu Prakerja

Pelaksanaan pendaftaran kartu prakerja tak terlalu susah tapi ada tes yang patut Anda kerjakan untuk memastikan kamu lolos atau tidak untuk menerima kartu prakerja. Berikut ini urutan mulai dari buat akun hingga kalian mendapatkan kartu prakerja.

  1. Pertama, Anda semestinya membuat akun Kartu Prakerja disini digunakan untuk menjalankan tes nantinya.
  2. Kunjungi situs www.prakerja.go.id klik tombol masuk.
  3. Masukkan e-mail dan klik daftar.
  4. Selanjutnya adalah pengerjaan verifikasi yang dikirim akun e-mail yang diregistrasikan sebelumnya.
  5. Akun prakerja berhasil terdaftar.
  6. Login ke akun kalian. Dan lakukan verifikasi akun dengan melengkapi data diri Anda dan unggah foto KTP serta foto selfie (swafoto) dengan kartu KTP kalian.
  7. Masukkan nomor hp, dan verifikasi kode OTP yang dikirimkan ke nomor kamu lewat pesan SMS.
  8. Lanjut klik Verifikasi.
  9. Berikutnya kamu seharusnya mengikuti tes Semangat & Kemampuan Dasar. Dengan jumlah 19 soal dan durasi waktu 25 menit, Anda bisa memanfaatkan alat tolong pelaksanaan seperti kertas dan pensil / bolpoin.
  10. Sesudah mengisi dan menuntaskan percobaan, hasil percobaan akan dievaluasi tunggu kurang lebih 5 menit sampai percobaan berhasil dievaluasi.
  11. Selanjutnya ikut seleksi Gelombang dengan memilih Gelombang pantas dengan alamat kalian.
  12. Tahap pendaftaran selesai. Bila sepatutnya kamu lakukan adalah menunggu notifikasi lolos atau tidak lolos pada seleksi Gelombang. Anda bisa mengecek di halaman permulaan (Dashboard) akun Prakerja kamu.

Untuk lebih gampang dalam memahami Langkah diatas Anda dapat segera praktek di laman Prakerja.go.id

Intensif Kartu Prakerja

Seumpama kalian diucapkan lolos dalam seleksi gelombang kartu prakerja Anda akan menerima sebagian intensif dari pemerintah yang memiliki durasi 6 – 12 bulan lamanya, diantaranya :

  • Biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000,- (Satu juta rupiah)
  • Insentif pasca Pelatihan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 merupakan Rp. 600.000,- / bulan (selama 4 bulan).
  • Insentif Survei Keberkerjaan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 merupakan Rp. 50.000/survei (akan ada 3 survei).

Pelatihan kursus online hanya bisa diaplikasikan di Platform digital Mitra yang sah diantaranya : Tokopedia, Skill Academy, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, SekolahMu, Kemnaker dan Pijar Mahir.

kalian dapat memilih bermacam jenis kursus online untuk mencari sebuah keahlian atau meningkatkan potensi skill dan kecakapan yang telah dimiliki sebelumnya. Pelatihan yang diberi diantaranya seperti kursus Bahasa, sistem berjualan online, cara menjadi fotografer, cara menguasai komputer, sistem belajar copywriting, cara memperoleh penghasilan di sosial media dan banyak lagi kursus online yang dapat dipelajari.

Saldo yang dipakai untuk pelatihan ini sebesar 1 Juta dan kalian dapat memakai saldo tersebut untuk menerapkan sebagian kursus untuk ditiru. Pastikan saldo kalian tercukupi untuk memilih pelatihan online tersebut.

Selain itu kamu dapat mencairkan saldo insentif kartu prakerja ini ke Rekening bank atau e-wallet. Akan tetapi ada beberapa syaratnya :

  1. Nomor rekening bank yaitu atas nama Anda sendiri.
  2. Andai memilih sistem e-wallet, pastikan kalian sudah memiliki e-wallet di salah satu mitra kartu prakerja seperti OVO, LinkAja, dan Gopay.
  3. Pastikan akun e-wallet kamu yang akan digunakan menggunakan nomor HP yang sama ketika mengerjakan registrasi Kartu prakerja sebelumnya.
  4. Dan pastikan akun e-wallet kamu sudah merupakan akun upgrade yaitu akun yang telah diverifikasi KTP & swafoto (foto selfie dengan KTP).

 

***

Kesimpulan yang bisa kamu ambil diantaranya Kartu Prakerja yakni suatu bentuk usaha dan program pemerintah untuk meningkatkan kecakapan serta keahlian masyarakat Indonesia khususnya untuk usia muda yang akan masuk ke dunia kerja dengan memberikan jalan masuk layanan kursus atau pelatihan online dari mitra digital resmi.

Pemerintah akan memberikan intensif bantuan uang yang tak bisa ditarik dan dapat dicairkan untuk membantu masyarakat Indonesia. Jikalau kalian seharusnya meniru prosedur dan persyaratan untuk mengajukan kartu prakerja ini berupa percobaan yang semestinya dan seharusnya lolos agar dapat menerima intensif tersebut diatas. Untuk Artikel lainnya bisa kunjungi link ini

You May Also Like

About the Author: infotenagakerja

Leave a Reply

Your email address will not be published.