Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Cek nomor bpjs ketenagakerjaan
bpjs ketenagakerjaan

Cek nomor bpjs ketenagakerjaan? Bagi sobat tenaga kerja yang belum tau bagaimana cara cek nomor bpjs ketenagakerjaan, kali ini kita akan mencoba untuk membahasnya. Meskipun sebenarnya hal ini sangat mudah tapi kami yakin ada beberapa sobat tenaga kerja yang belum kengetahuinya.

Kita pasti sangat memerulkan nomor bpjs ketenagakerjaan untuk beberapa hal. Mislanya untuk membuat akun di aplikasi BPJSTKU , dicantumkan pada suarat keterangan hilang dari kepolisian, saat pengajuan klaim jaminan hari tua baik 10%, 30% maupun 100%.

Nah sebenarnya ada perbedaan dari karu jamsostek dan kartu BPJS ketenagakerjaan. Meskipun semua mempunyai 11 digit tetapi bedanya adalah kartu jamsostek berisi angka angka dan huruf. Untuk kartu BPJS ketenagakerjaan hanya berisi angka.

Kartu BPJS ketenagakerjaan yang baru, selain tercantum nomor kepesertaan juga tercantum NIK. Nomor pesertanya terletak di bawah NIK. Ada juga kartu peserta BPJS ketenagakerjaan khusus untuk jaminan pensiun, yang mana nomor pesertanya ditambah tiga digit di belakang nomor peserta BPJS ketenagakerjaan.

Tips jika kartu hilang

  1. Hubungi HRD
    Segera berkoordinasi dengan HRD perusahaan tempat anda bekerja agar dapat membantu anda untuk mengecek nomor kepesertaan.
  2. Kunjungi kantor BPJS ketenagakerjaan
    Datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan adalah cara ke 2 yang dapat anda lakukan. Jangan lupa membawa KTP, KK dan Surat paklaring

Nah setelah mengetahui nomor kartu BPJS ketenagakerjaan. Saatnya anda mencetak kartu BPJS melalui aplikasi BPJSTKU atau lewat website resmi BPJS ketenagakerjaann (www.bpjsketenagakerjaan.co.id).

Cek nomor kartu BPJS secara online

Melalui aplikasi BPJSTKU berikut caranya :

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi BPJTKU dari appstore atau playstore.
  2. Apabila belum memiliki akun silahkan buat akun terlebih dahulu.
  3. login ke aplikasi BPJTKU setelah terdaftar.
  4. masukkan email dan kata sandi yang telah didaftarkan tadi.
  5. login berhasil
  6. Pilih kartu digital di halaman aplikasi BPJSTKU maka akan muncul kartu kamu.
  7. Klik kartu itu lalu pilih kirim email atau simpan ke galery

Melalu wesite resmi BPJS ketenagakerjaan (www.ketenagakerjaan.go.id) berikut caranya :

  1. Login terlebih dahulu jika belum mempunyai akun, silahkan buat akun dulu.
  2. Jika sudah mendaftar maka kamu akan dikirimkan kode aktivasi. Kode itu harus kamu masukkan ke halaman formulir selanjutnya.
  3. Setelah itu isi semua data yang diinginkan
  4. Setelah akun aktif, kamu bisa klik kartu digital kemudian simpan gambar lalu cetak.

Tak dipungkiri kartu BPJS memang terkadang kurang diperhatikan akibatnya sangat rentan tercecer atau hilang. Maka dari itu penulis membuat artikel ini akan dapat menjadi refrensi bagi sobat tenaga kerja yang kehilangan kertu BPJS ketenagakerjaannya.

BPJS ketenagakerjaan saat ini terus berinovasi agar pelayanannya ke masayarakat dan pada khususnya ke peserta semakin baik. Tentunya hal ini harus kt manfaatkan dengan sebaik baiknya. Mengingat kepesertaan BPJS ketenagakerjaan kita merupakan hal yang penting dikemudian hari.

Penulis sangat berharap BPJS ketenagakerjaan dikemudian hari dapat menjadi penolong bagi tenaga kerja yang mandapat musibah pada saat kerja atau berhenti kerja atau memasuki umur pensiun. Hal ini sangat menjadi perhatian agar tidak terjadi permasalahan sosial ekonomi bagi tenaga kerja tersebut.

Nah itu tadi ulasan jika kartu BPJS ketenagakerjaan sobat hilang. Semoga dapat bermanafaat bagi semua sobat tenaga kerja. Jangan lupa kunjungi facebook kami.

You May Also Like

About the Author: infotenagakerja

Leave a Reply

Your email address will not be published.