Yang dimaksud BPJS Ketenagakerjaan

yang dimaksud BPJS ketenagakerjaan
apa yang dimaksud BPJS ketenagakerjaan

Apa yang dimaksud dengan BPJS ketenagakerjaan ? adalah sebuah badan untuk yang hadir untuk publik dengan tujuan memberikan perlindungan jaminan sosial ekonomi kepada semua tenaga kerja indonesia. BPJS ketenagakerjaan menggunakan prinsip asuransi sosial.

Untuk itu BPJS ketenagakerjaan sudah aktif sejak tahun 2015 dan berfokus pada program sosial pemrintah untuk tenaga kerja atau pegawai baik dari swasta maupun sipil

Oleh karena itu, BPJS Ketenagakerjaan merupakan suatu program wajib dari pemerintah maka dari itu semua perusahaan diwajibkan mendaftarkan pekerjanya kedalam program BPJS ketenagakerjaan. Sehingga semua tenaga kerja dapat menikmati jaminan jaminan sosial dari BPJS ketenagakerjaan.

Program program BPJS ketenagakerjaan

Terdapat bermacam tipe program yang ada di BPJSTK. Nah, berikut ini merupakan jenis- jenis programnya yang bisa dinikmati oleh para pegawai ataupun tenaga kerja Indonesia:

Program Jaminan Kecelakaan Kerja( JKK): Program JKK ialah program proteksi bermacam musibah yang terjadi kepada tenaga kerja dalam ikatan kerja. Misalnya, musibah yang terjadi dalam perjalanan mengarah ke tempat kerja ataupun pegawai terkena penyakit yang diakibatkan oleh area pekerjaan.

Program Jaminan Hari Tua( JHT): Program ini membagikan manfaat dalam wujud uang tunai yang jumlahnya cocok dengan akumulasi iuran. Ditambah dengan hasil pengembangannya yang bisa digunakan buat jaminan hidup di hari tua nanti.

Program Jaminan Pensiun( JP): Bersumber pada PP Nomor 45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun. Tipe BPJS Ketenagakerjaan ini ialah jaminan sosial yang bertujuan buat mempertahankan derajat kehidupan yang layak untuk penerimanya. Dengan memberi pemasukan sesudah pesertanya memasuki umur pensiun, cacat tetap total, ataupun meninggal dunia. Nantinya, manfaat yang diterima partisipan merupakan pemberian uang yang bakal dibayarkan tiap bulannya.

Program Jaminan Kematian( JKM): Program ini mempunyai manfaat berbentuk uang tunai. Yang bakal diberikan kepada ahli waris dari partisipan yang telah meninggal dunia. Kala kepesertaan dinyatakan masih aktif serta tidak diakibatkan oleh musibah kerja.

Iuran BPJS ketenagakerjaan

Bicara soal bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan, setelah industri telah mendaftarkan karyawannya selaku partisipan layanan sosial ini. Maka berikutnya para partisipan mempunyai kewajiban melaksanakan pembayaran iuran bulannya.

Apabila Kamu merupakan seseorang HRD di suatu industri, penting rasanya buat mengenali tiap seluk beluk sistem pembayaran BPJSTK ini. Paling utama Mengenai iurannya supaya kala Kamu hendak melaksanakan perhitungan PPh 21, hasilnya bakal akurat.

Dalam program sosial dari pemerintah ini, terdapat sebagian tipe iuran yang wajib dibayar, antara lain:

Jaminan Musibah Kerja( JKK), besarannya didetetapkan oleh resiko musibah kerja, yakni

  • 0, 24% buat resiko musibah sangat rendah, 0, 54% buat tingkatan resiko rendah. 0, 89% buat tingkatan resiko lagi, 1, 27% buat tingkatan resiko besar serta 1, 74 buat tingkatan resiko sangat besar.
  • Jaminan Hari Tua( JHT) sebesar 2%.
  • Sebesar 0, 3% untuk Jaminan Kematian( JK).
  • sebesar 1% Jaminan Pensiun dari pendapatan pokok.

Call centre BPJS ketenagakerjaan

Call center merupakan layanan yang disediakan oleh tiap organisasi, industri, serta institusi baik kepunyaan publik ataupun pemerintah. Yang bermanfaat buat menanggapi bermacam persoalan serta menjawab keluhan dan anjuran para pesertanya. Ataupun mitra yang terdapat serta ikut serta dalam organisasi tersebut.

Sama halnya dengan industri lain, BPJS Ketenagakerjaan pula mempunyai sarana call center. Yang dapat digunakan para pesertanya buat menanyakan seluruh data apapun yang bisa jadi Kamu butuhkan. Call center BPJSTK ini diketahui pula dengan nama:

Layanan Warga 175 Tanya BPJSTK.

Kehadiran Call center inipun masih berkaitan dengan Peraturan Menteri Komunikasi serta Informatika Republik Indonesia. No 14 Tahun 2018 tentang Rencana Dasar Metode Telekomunikasi Indonesia.

Tidak hanya layanan telepon, Call center ini juga tersambung dengan email serta media sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Call center Tanya BPJSTK 175 ini diharapkan bisa jadi layanan yang sanggup menolong serta menanggapi kendala- kendala. Yang dialami warga dalam memakai program ini. Disebabkan call center Tanya BPJSTK 175 ini cuma mempunyai 3 digit angka. Hingga diharapkan no telepon call center ini bisa diingat dengan gampang oleh warga.

Nah, itu tadi pembahasan singkat tentang apa yang dimaksud BPJS ketenagakerjaan semoga dapat bermanfaat bagi semua sobat tenaga kerja.

You May Also Like

About the Author: infotenagakerja

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.