Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan

Apa itu BPJS ketenagakerjaan? Halo para sobat tenaga kerja, bagaimana kabarnya semua? semoga para sobat tenaga kerja selalu sehat dan semangat dalam menjalani kehidupan sehari hari.

Artikel kali ini penulis akan membahas tentang BPJS ketenagakerjaan. BPJS ketenagakerjaan sudah sangat tidak asing ditelinga kita semua dan sudah sangat selalu dibicarakan oleh para sobat tenaga kerja.

apa itu BPJS ketenagakerjaan

Apa itu BPJS Ketenagakerjaan? BPJS ketenagakerjaan adalah sebuah badan hukum publik yang bertugas sebagai penyelenggara program jaminan sosial bagi para tenaga kerja di Indonesia. Fungsi BPJS ketenagakerjaan meliputi : Jaminan kecelakaan kerja, Jaminan kematian, Jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

Sejarah apa itu BPJS ketenagakerjaan

Apa itu BPJS ketenagakerjaan? pasti sobat tenaga kerja sudah tau jawabannya. Sekarang kt ke pembahasan sejarah BPJS ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan adalah transformasi dari PT JAMSOSTEK. PT JAMSOSTEK terbentuk pada tahun 1995 melaluli PP no.36/1995. kemudian pada tahun 2011 ditetapkanlah UU no 24 tahun 2011. Kemudian pada tahun 2014 PT JAMSOSTEK resmi berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Peran BPJS ketenagakerjaan sangat penting bagi para tenaga kerja. Karena jaminan jaminan BPJS ketenagakerjaan bisa sangat membantu tenaga kerja jika terjadi kecelakaan atau bisa meringankan beban keluarga jika tenaga kerja tersebut meninggal pada saat kerja dan juga jaminan hari tua serta jaminan pensiun dapat dijadikan sebagai modal berwirausaha pada saat tenaga kerja tersebut memasuki umur pensiun atau sudah tdk produktif lagi jika menjadi tenaga kerja langsung.

Jadi tenaga kerja sangat penting untuk memahami fungsi dan manfaat BPJS ketenagakerjaan. Setiap tenaga kerja wajib menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan. Maka, dari itu setiap perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja. Wajib mendaftarkan tenaga kerjanya di BPJS ketenagakerjaan agar tenaga kerja tersebut mempunyai jaminan pada saat bekerja.

Penulis sangat berharap kepada semua sobat tenaga kerja agar dapat lebih memperhatikan status keanggotaannya di BPJS ketenagakerjaan. Karena, ini merupakan hal yang sangat penting untuk tenaga kerja. Sobat tenaga kerja harus mempertanyakan ke perusahaan sobat tenaga kerja ttg keanggotaan sobat tenaga kerja di BPJS ketenagakerjaan.

Resiko sosial ekonomi sangat rentan terjadi kepada para sobat tenaga kerja. Seperti kecelakaan dan kematian, karenanya sangat perlu ada satu alat pengaman atau jaminan. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dan kematian maka tidak akan mengganggu kesejahteraan para sobat tenaga kerja secara drastis.

Program jaminan sosial seperti BPJS ketenagakerjaan. Merupakan kewajiban dan tanggung jawab setiap negara untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi bagi para tenaga kerjanya. Untuk Indonesia dan negara berkembang lainnya menerapkan jaminan sosial yang didanai oleh peserta dan masing terbatas pada pekerja sektor formal.

Di akhir artikel ini penulis tentunya sangat berharap peran aktif perusahaan untuk mendaftarkan para tenaga kerjanya di BPJS ketenagakerjaan. Untuk sobat tenaga kerja agar dapat lebih memahami tentang jaminan jamina yang diberikan oleh BPJS ketenagakerjaan. Salam sukses untuk semua sobat tenaga kerja dan jangan lupa kunjungi facebook kami

You May Also Like

About the Author: infotenagakerja

19 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.